KUMPULAN EBOOK GRATIS

cobaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

rrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Sabtu, 18 Februari 2012

Yahoo mengembangkan sistem pencarian 3D Yahoo Clues

Yahoo mengembangkan sistem pencarian 3 Dimensi yang bisa menjadi alternatif buat pengembang blog dalam melakukan riset keyword , trend keyword, demographic user , income user , lokasi user dan search flow . Fitur pencarian yang ditawarkan ada kemiripan dengan google trend  + google keyword external tools namun masing-masing memiliki ciri khas yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan riset keyword yang berkaitan dengan search engine yahoo maupun search engine google.

Dalam Yahoo Clues versi beta tersedia fitur compare keyword, yang hasilnya akan menampilkan data tentang trend keyword dalam bentuk grafik , demografi user berdasarkan umur, jenis kelamin, pendapatan user , lokasi dan keyword search flow.






Sitem pencarian Yahoo Clues untuk saat ini hanya menydiakan data statistik berdasarkan data pengguna dari Amerika, untuk luar amerika masih menunggu pengembangan. Jika sistem pencarian Yahoo Clues berhasil di Amerika maka kemungkinan besar akan dikembangkan /diterapkan di seluruh dunia.




Untuk mencoba sistem pencarian 3 dimensi yahoo bisa cek disini yahoo clues

Free Web tracker plus Web Statistics pendamping Google Analytic

Jika rekan blogger pemula sering menggunakan google analytic dan google webmaster tools untuk memonitoring keyword blog atau memantau perkembangan blog sebagian besar fitur yang terdapat di google analytic maupun google webmaster tools terdapat pada sebuah situs statscounter yang menyediakan layanan Web tracker plus Web Statistics gratis. Kelemahan pada statscounter tidak terdapat report crawl error. Ada beberapa fitur menarik pada statcounter yaitu tersedia fitur Recent Pageload Activity, Recent Keyword Activity, Lookup IP Address dan report halaman yang menempati halaman pertama google search (10 besar SERP).

Contoh screenshoot yang saya ambil dari halaman Recent Pageload Activity, bisa dilihat di bawah ini: (angka 2 menandakan berada pada posisi 2 SERP Google)






Buat teman blogger pemula yang senang menggunakan fasilitas gratis ,secara umum statscounter bisa menjadi alternatif sebagai web statistik untuk melengkapi informasi yang diperoleh dari google analytic / google webmaster tools.

Beberapa fitur yang tersedia di statcounter antara lain :
1.Popular Pages
2.Entry Pages
3.Exit Pages
4.Came From
5. Keyword Analysis
6. Recent Keyword Activity
7. Recent Came From
8. Search Engine Wars
9. Exit Links
10. Exit Link Activity
11. Downloads
12. Download Activity
13. Visitor Paths
14. Visit Length
15. Returning Visits
16. Recent Pageload Activity
17. Recent Visitor Activity
18. Recent Visitor Map
19. Country/State/City/ISP
20. Browsers
21. System Stats
22. Lookup IP Address

Jika ingin mencoba fasilitas statcounter di blog blogspot bisa dilihat panduannya disini memasang web tracker

SEO Ranking Factor - Visualiasi dalam Tabel Periodik On Page and Off Page SEO

SEO Ranking Factor adalah faktor-faktor yang menjadi penentu dalam pemeringkatan sebuah halaman web/blog pada sebuah search engine seperti search engine google, yahoo, bing, dll. Secara umum dibagi menjadi dua kategori yaitu faktor internal (on the page seo) dan faktor eksternal (off the page seo). Perlu diketahui setiap search engine memiliki algoritma tersendiri yang dalam proses penentuan peringkat halaman yang akan ditampilkan pada SERP dibangun dengan formula matematik dengan variabel berupa seo ranking factor, yang menjadi permasalahan pemilik search engine merahasiakan variabel yang digunakan untuk menilai sebuah halaman web, bobot masing-masing factor tersebut, serta koefisien pada setiap variabel tidak diketahui secara detail. Namun berdasarkan hasil penelitian dari penggiat SEO maka diperoleh sebuah penyederhanaan yang bisa menjadi pedoman untuk mengembangkan teknik SEO agar website / blog lebih SEO friendly.

Berikut ini adalah visualisasi SEO Ranking Factor yang saya copy dari searchengineland



Dengan bantuan tabel periodik di atas, dapat lebih memudahkan blogger dalam melakukan optimasi blog.
Beberapa point yang menarik yang dapat diambil dari tabel periodik di atas:

A. On the Page SEO Ranking Factor:
1.Konten blog (isi postingan blog), mencakup:
a. Kualitas konten /posting blog , Apakah isi blog telah ditulis dengan baik dan berkualitas
b. Research Keyword dan Monitoring Keyword , Apakah sudah melakukan riset keyword dan menggunakan keyword yang sering digunakan pengunjung pada search engine
c. Engage , Seberapa banyak halaman yang dibuka pengunjung pada website anda , apakah hanya membuka satu halaman kemudian meninggalkan situs anda "bounces"
d. Fresh, Apakah blog sering diupdate dengan kontent yang baru
2. HTML
Apakah html title tag , metadescription, header dan subheader, berisi keyword yang relevan dengan topik postingan
3. Arsitektur
a.Apakah search engine dapat dengan mudah menelusuri halaman web/blog
b.Apakah blog terbuka dengan cepat
c. Apakah url mengandung keyword

B. Off the Page SEO Ranking Factor , mencakup:
a. Kuantitas dan Kualitas Link
b. Social network share
c. Trust dan Authorithy
d. Personal

Selengkapnya bisa dilihat di situs penyedia SEO Ranking Factor

Menganalisa cara google menentukan google pagerank blog/website

Setiap search engine mempunyai cara tersendiri dalam menentukan ranking sebuah blog atau website. Dalam postingan ini khusus dibahas tentang bagaimana google menentukan pagerank. Berdasarkan informasi yang terdapat di situs google secara umum tercantum ada lebih dari 200 signal (variabel) yang akan dinilai oleh google dalam menentukan peringkat sebuah situs.

Berkaitan dengan pertanyaan teman di postingan sebelumnya tentang google pagerank update yaitu:

sebuah blog umurnya baru 4 bulan dan artikelnya cuma 1, tidak pernah di update, belum verifikasi di google webmaster tool dan alexa, pengunjung tak lebih dari 200 dapat pagerank 2

Sebelum menjawab kasus di atas , sebaiknya perlu dipahami bahwa sampai saat ini hanya pihak google yang tahu secara rinci variabel dan bobot (point) setiap variabel yang digunakan untuk menilai rating setiap blog. Kita hanya dapat membuat simulasi dan analisa terhadap 200 variabel tersebut.

Perlu diingat bahwa:
Google menentukan ranking setiap halaman yang ada di dalam blog, misalnya jika di dalam blog ada 100 halaman maka secara otomatis setiap halaman mempunyai google rank sendiri dalam artian google akan mengecek dan menilai 200-an variabel pada setiap halaman kemudian akan memberikan bobot /nilai pagerank pada setiap halaman , sedangkan pagerank untuk halaman utama blog merupakan hasil rata-rata dari pagerank ke100 halaman tersebut.

Mengapa blog yang hanya 1 halaman bisa mendapat pagerank 2, karena secara matematis setelah google menganalisa 200 -an variabel pada 1 buah halaman tersebut mendapatkan point yang memenuhi untuk mendapat rank 2, silahkan lihat ilustrasi di bawah ini:






Dalam ilustrasi di atas hanya menggunakan contoh dengan membandingkan blog yang mempunyai 10 halaman dan 1 halaman (agar tampilannya tidak terlalu panjang). Di kolom B berisi data PR setiap halaman, maka Pagerank blog tersebut = (2.5+1+3+4+0+1.5+1.5+1.8+2+2.7)/10 = 20/10 akan menghasilkan 2. Selanjutnya lihat kolom C , pagerank blog tersebut merupakan hasil dari 2/1 = 2    , bagaimana jika dalam 1 blog ada 100 halaman maka google akan melakukan perhitungan pagerank :
PR Blog = (PR halaman1 + PR halaman2 + ...+PR halaman 100)/100 = 200/100 = 2.

Yang menjadi pertanyaan apakah blog yang mempunyai satu halaman dengan pagerank 2 kualitasnya sama dengan blog yang terdiri dari 10 halaman dengan PR2 atau  blog yang mempunyai 100 halaman dan PR 2,
Secara kuantitas blog tersebut punya pagerank yang sama yaitu 2/1 = 20/10 = 200/100 = 2 , namun dari aspek kualitas berbeda. Secara kualitatif 200/100 lebih baik dibanding 2/1.

Perbedaan mendasar pada blog di atas (dengan asumsi semua bobot variabel tersebar secara merata pada setiap blog)  :
1. Blog yang mempunyai 100 halaman berpeluang besar untuk bersaing di SERP Google, Yahoo, Bing karena volume keywordnya lebih banyak dibanding blog yang hanya memiliki 1 halaman
2. Blog yang mempunyai 100 halaman memiliki internal link (link antar halaman) yang lebih banyak sehingga lebih mendukung optimasi SEO
3. Jika blog yang memiliki 1 halaman diperlukan 10  backlink untuk mendapatkan PR1 (hanya pengandaian saja) , maka untuk blog yang memiliki 100 halaman, maka diperlukan backlink sekitar (10 x 100 ) = 1000 backlink, bahasan tentang backlink dapat dilihat pada postingan sebelumnya bisa diihat disini backlink vs pagerank
4. Demikian juga untuk ratusan varibel lainnya jika blog hanya mempunyai 1 halaman  maka pada setiap variabel dibutuhkan 2 point untuk memenuhi (2/1) , sedangkan untuk blog 100 halaman dibutuhkan 200 point untuk mencapai nilai rata-rata (200/100) =2.
5. Secara matematis, semakin sedikit halaman blog maka akan semakin mudah meningkatkan pagerank, demikian juga mengoptimasi 100 halaman lebih sulit dibanding hanya mengoptimasi 1 halaman.

Catatan:
Rumus yang digunakan di atas hanya merupakan pendekata matematis, rumus yang diterapkan google akan lebih kompleks terkait dengan 200 variabel

Yahoo Site Explorer merger dengan Bing Webmaster Tools

Saya yakin teman-teman blogger sudah tidak asing lagi dengan Yahoo Site Explorer. Buat teman yang belum mengenal tentang hal ini. Yaho Site Explorer adalah sebuah situs yang didesain khusus oleh Yahoo untuk memudahkan pengembang web/blog (webmaster) untuk melakukan verifikasi, memanage web, dan memantau perkembagan blog berdasarkan hasil analisis search engine yahoo. Yahoo Site explorer mirip dengan Google Webmaster Tools. Berdasarkan informasi dari situs resmi yahoo, Yahoo Site Explorer telah menyelesaikan masa transisi dan sepenuhnya telah merger dengan Bing Webmaster Tools sejak bulan November 2011. Berikut ini cuplikan dari situs yahoo site explorer

With the completion of algorithmic transition to Bing, Yahoo! Search has merged Site Explorer into Bing Webmaster Tools. Webmasters should now be using the Bing Webmaster Tools to ensure that their websites continue to get high quality organic search traffic from Bing and Yahoo!.Please check the following blog articles for more informationMicrosoft Webmaster Tools to support Yahoo! Site Explorer CommunitySite Explorer transition to Bing Webmaster ToolsWe'd also like to recommend Sitemaps a useful mechanism to inform search engines about pages on their sites.You can stay current with the latest news and information by visiting the Yahoo! Search blog site

Screenshootnya bisa dilihat di bawah ini




Dengan selesainya transisi algoritma untuk Bing, Yahoo! Search Site Explorer telah bergabung ke  Bing Webmaster Tools. Webmaster sekarang harus menggunakanBing Webmaster Tools untuk memastikan bahwa situs Web mereka terus mendapatkan lalu lintas organik yang tinggi dan berkualitas dari search engine Bing dan Yahoo!.
Informasi mengenai transisi tersebut bisa dilihat disini yahoo site explorer

Semoga dengan bergabungnya yahoo dan microsoft dalam mengembangkan algoritma search engine mereka, lebih memacu programmer Yahoo+Bing dan programmer Google untuk bersaing mengembangkan search engine mereka. Sehingga dapat lebih meningkatkan kualitas pencarian search engine mereka. Meskipun saat ini Google masih menjadi search engine terbaik di dunia, dengan kemajuan teknologi tidak menutup kemungkinan di masa mendatang akan terkalahkan oleh Bing (mengingat dukungan dari Microsoft), atau bisa saja tersaingi oleh Yandex  (search engine rusia yang populer di negeri beruang kutub sana), atau Baidu (search engine yang popularitasnya mengalahkan google di negara china). Ataukah mungkin search engine baru yang lahir dari dunia ketiga, mungkin sikomodo dari Indonesia mampu mengalahkan google ????.

Algoritma google 2012 vs komposisi iklan dan Layout halaman

Di tahun 2012 ini, Google semakin meningkatkan perbaikan pada algoritma search engine-nya. Jika sebelumnya menambahkan variabel baru berupa "fresh content" pada algoritma Google Fresh, kali ini meningkatkan kemampuan googlebot untuk mendeteksi komposisi iklan dan tata letak iklan pada halaman web/blog. Perbaikan kemampuan google dalam mengidentifikasi letak iklan sebenarnya bukan hal baru. Jika dalam algoritma search engine 2011 google lebih menekankan pada perbandingan volume iklan dan volume kontent tanpa memperhitungkan aspek letak iklan (hanya aspek arimetik), maka dalam algoritma google 2012 ini, telah ditambahkan aspek geometrik. Dimana selain menilai jumlah script iklan yang terpasang di web, google juga menilai tata letak iklan (layout iklan)

Buat teman-teman yang masih pemula perlu diperhatikan dalam melakukan optimasi seo google perlu mempertimbangkan banyaknya iklan dan letak iklan yang dipasang di blog, Agar terhindar dari pinalti google.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan:
1. Semakin banyak script iklan yang terpasang di blog, maka akan semakin sulit melakukan optimasi.
2. Semakin banyak iklan yang terpasang di blog dengan komposisi di atas 90% maka akan semakin sulit melakukan optimasi.
3. Dua variabel di atas, (jumlah iklan dan letak iklan) hanyalah dua dari 200-an variabel yang digunakan oleh google untuk menentukan rating web/blog, jika ke 198 variabel pada blog anda berada dalam kisaran positif maka tidak menutup kemungkinan efek pelanggaran pada kedua variabel iklan di atas tidak terlalu berpengaruh pada blog anda.



Untuk mengenal bagaimana ilustrasi google memberikan panduan kepada pemilik blog untuk meletakkan iklan agar tidak terlalu terkena dampak negatif perbaikan algoritma google 2012, silahkan dilihat gambar di bawah:

Dalam tools yang disediakan google terdapat grid pixel , dimulai dari 50 pixel  ,100, 150 dst.
Bobot pelanggaran 99% berkisar pada  600 pixel x 330 pixel (lebar x tinggi )
Bobot pelanggaran 98% berkisar pada  750 pixel x 380 pixel (lebar x tinggi )
Bobot pelanggaran 95% berkisar pada  820 pixel x 440 pixel (lebar x tinggi )
Dan seterusnya
Catatan:(nilai prosentase dan nilai pixel di atas hanya nilai estimasi)


Silahkan buka website/blog teman-teman, selanjutnya gunakan situs berikut google browser size

Rata-ratakan jumlah prosentase pelanggaran tata letak iklan versi browser size di atas.
Silahkan anda koreksi blog , apakah sudah memenuhi standard yang diinginkan google?

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan agar tidak terlalu terkena dampak negatif, sebaiknya kurangi memasang iklan di bagian header, di atas postingan, dan di sidebar bagian atas halaman.
Letak yang aman, sepertinya dibagian footer dan sidebar bagian bawah halaman.

Informasi lebih lengkap tentang efek google terhadap letak iklan bisa dilihat disini seo google 2012

Mendaftar blog (website) ke google analytic

Mungkin sudah banyak teman-teman  yang menggunakan google analytic untuk menganalisa perkembangan blog (web). Buat teman-teman yang masih pemula dan ingin serius dalam mengembangkan blog, maka saya sarankan menggunakan google analytic sebagai salah satu pendukung dalam optimasi seo. Secara langsung google analytic tidak berpengaruh terhadap robot google (search engine). Jadi robot google tidak akan mempermasalahkan penggunaan google anlytic. Blog yang terdaftar di google analityc maupun yang tidak terdaftar akan tetap diperlakukan sama oleh google.
Jadi bisa dikategorikan sebagai salah satu teknik seo yang bisa digunakan untuk optimasi seo.

Jika demikian, mengapa kita harus memasang (disarankan memasang/mendaftar blog di google analytic). Ada beberapa keuntungan:

Dengan menggunakan google analytic nama anda bisa:
1. Mengetahui perkembangan jumlah pengunjung blog (page views, visits, page/visit, new visit, average time on site),
2. Mengetahui perkembangan jumlah pengunjung blog sesuai bulan yang diinginkan
3. Mengetahui sumber  pengunjung blog (search engine, direct traffic, referring site)
4. Mengetahui asal negara pengunjung blog
5. Mengetahui perkembangan jumlah pengunjung per halaman yang ada di blog (web)
dll.

Setelah anda mendaftar blog anda, dan status verify maka anda bisa menggunakan layanan tersebut secara gratis, dan statistik perkembangan blog anda akan direkam oleh google analytic. Sehingga memudahkan untuk memantau perkembangan blog.

Jika tertarik menggunakan layanan gratisan google analityc silahkan klik disini: google analytic

1. Login menggunakan account email google anda, jika belum punya account bisa buat disini account google



2. Setelah login akan muncul halaman dashboard
Klik add new profile

3. Pilih Add a Profile for a new domain
di bagian "Please provide the url of the site you would like to track
ketik url blog: misalnya: www.komputerseo.com atau artikelkomputerku.blogspot.com
Klik Continue

5. Copy script yang ada di  "Paste this code on your site"


6. Login ke dashboard blogger
Pilih tata letak , edit html ,  (centang  Expand Template Widget)

Cari kode   </body> (bisanya posisinya baris ke 2 dari bawah script template)
Masukkan script dari google analytic, tepat sebelum  </body>
Simpan template

7. Kembali ke halaman google analytic
Klik Save and Finish

8. Jika berhasil maka profile blog akan tampil di dasboard
Tunggu hingga statusnya verified (berubah menjadi tanda centang). Lamanya tergantung robot google mengunjungi situs /blog anda.

Test Kecepatan Broadband Internet

Jika Anda telah memiliki koneksi Internet, mungkin Anda terhubung ke internet dengan modem yang plugs ke telepon (sering disebut sebagai "sambungan dial-up").
Jika Anda menyiapkan sambungan internet untuk pertama kalinya, masuk akal untuk mencari tahu koneksi broadband dari awal, seperti entri level paket pada umumnya lebih baik daripada nilai yang dial-up alternatif. Setelah melihat kedalam pilihan yang sesuai dan jenis internet broadband yang tersedia di wilayah Anda, langkah berikutnya adalah memilih yang terbaik dalam kecepatan koneksinya. Faktor terbesar untuk dipertimbangkan ketika Anda memilih provider internet adalah kecepatan jaringan koneksi internetnya.

Cara paling mudah adalah via sambungan kabel telepon, hubungi provider layanan internet, dan berlangganan internetnya? Cara yang cukup cepat untuk melakukan semua hal-hal yang ingin Anda dapatkan seperti melakukan upload juga download file?
Broadband kecepatan diukur oleh jumlah data koneksi Anda dapat mengirim dan menerima kilobyte per detik (Kbps) atau Megabyte per detik (Mbps). Anda dapat memeriksa dengan mengunjungi situs test kecepatan koneksi internet langganan Anda. Anda akan mengetahui cara yang cepat untuk tahu berapa kecepatan internet Anda terhubung? Test kecepatan akan bekerja untuk memeriksa semua jenis sambungan termasuk ADSL, kabel/serat optik dan 3G dengan jaringan selular (mobile broadband).

Pastikan bahwa Anda menutup semua aplikasi lain yang menggunakan internet (misalnya email, instant messenger, dan seterusnya). Anda akan dapat melihat kecepatan broadband bervariasi dengan liar pada waktu yang berbeda dalam sehari tergantung pada faktor eksternal, seperti jumlah pengguna online dalam bangunan, jalan, dan Anda bahkan negara Anda.

Anda mungkin kesal dengan koneksi internet yang lambat, seringkali hal itu membuat Anda stres misalkan bila ingin mengirim email atau membuat artikel, Anda sudah membuat pesan yang ingin segera dikirim ataupun disimpan dan tiba-tiba jaringan koneksi internet milik Anda menjadi lambat, padahal email itu harus segera dikirim. Anda menjadi kesal dan stres, koneksi yang tiba-tiba menjadi lambat mungkin akibat dari cuaca buruk seperti hujan yang disertai petir atau kerusakan pada penyedia internet langganan Anda.

ANDA HARUS TEST BERAPA KECEPATAN AKSES INTERNET ANDA, SILAHKAN KUNJUNGI SITUS test kecepatan brodband internet

Selamat browsing.

Mengaktifkan Webcam Di Skype

Menelepon lewat internet dengan memanfaatkan media PC saat ini menjadi salah satu alternatif komunikasi yang murah meriah. Skype adalah salah satu solusi populer yang banyak digunakan untuk bertelepon via internet.

Skype adalah sebuah program komunikasi VoIP (Voice Over Internet Protocol) dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini dapat di-download secara bebas di internet secara gratis.

Bagi Anda yang suka ngobrol (chatting) sambil lihat-lihatan alias melihat langsung lawan bicara layaknya video call, Anda bisa memanfaatkan fitur webcam yang ada di Skype. Bagaimana mengaktifkan webcam di Skype? Simak tipsnya, pastikan Anda login terlebih dahulu sebelum melakukan konfigurasi.

1. Klik menu Tools pada Skype, lalu pilih Options.

2. Pada window Options, klik button “Video Settings” yang ada di sebelah kiri window. Atur setingan webcam sesuai keinginan Anda. Pastikan Anda telah mengaktifkan menu Enable Skype Video.

3. Jika ingin mengubah setingan kamera, seperti brightness, contrast, klik tab Webcam Settings setelah itu klik Apply.

Minggu, 31 Agustus 2008

Cara Upload Dengan Program FTP


Banyak program yang memfasilitasi agar mampu mengupload file ke server. Selain itu biasanya program-program yang dikhususkan membuat halaman homepage seperti Dreamweaver atau Ms.Front Page, juga memfasilitasi transfer file ke server.

Untuk program-program khusus tranfer file ke server (program FTP), Anda dapat memilih:
1.FTP for Windows (Windows)
2.CuteFTP (Windows)
3.Fetch (Macintosh)

Anda bisa mendapatkannya dengan mendownload di Shareware. Apakah seluruh langkah telah Anda lalui berakhir? Belum, yang terakhir kalinya adalah memberitahu website atau blog Anda ke orang lain bahkan ke seluruh dunia. Percuma saja Anda membuat home page sebagus mungkin, jika tak ada satu orangpun yang mengetahuinya. Anda bisa beri tahu teman-teman Anda face to face, lewat email, chatting, atau situs pertemanan.
Daftarkan home page Anda di search engine. Caranya pada kotak pencarian Google, Yahoo, MSN atau lainnya ketik add url.

Selamat mencoba.

Kumpulan Instrumen Akreditasi

KUMPULAN PERANGKAT AKREDITASI


  Instrumen Akreditasi SD-MI PERANGKAT AKREDITASI                         


  • Permendiknas  No. 11 Tahun 2009 tentang Akreditasi SD-MI





  • Lampiran-1 PERANGKAT  AKREDITASI         




  • Isi lampiran-1 PERANGKAT  AKREDITASI         




  • Lampiran-2 PERANGKAT  AKREDITASI         




  • Isi lampiran-2 PERANGKAT  AKREDITASI         




  • Lampiran-3 PERANGKAT  AKREDITASI         




  • Isi lampiran-3 PERANGKAT  AKREDITASI         




  • Lampiran-4 PERANGKAT  AKREDITASI         




  • Instrumen Akreditasi SMP-MTs PERANGKAT  AKREDITASI                         



  • Permendiknas No.12 Tahun 2009 tentang Akreditasi  SMP-MTs





  • Teknik Penskoran Pemeringkatan Akreditasi  SMP dan MTs




  • Petunjuk Instrumen Akreditasi PERANGKAT  AKREDITASI      




  • Instrumen  Akreditasi  SMP-MTs PERANGKAT AKREDITASI       








  • Pengantar Petunjuk Teknik Pengisian Instrumen  Akreditasi  SMP-MTs








  • Petunjuk Teknik  Pengisian  Instrumen Akreditasi  SMP-MTs      








  • Petunjuk Instrumen  Pengumpulan Data & Informasi Pendukung SMP-MTs








  • Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung SMP-MTs






  • Instrumen Akreditasi SMA-MA PERANGKAT AKREDITASI          
    Permendiknas No. 52 Tahun 2008 tentang Krtiteria dan Perangkat Akreditasi SMA-MA
    Buku-Kerja-Pengawas-Sekolah PERANGKAT  AKREDITASI      
    DELAPAN ( 8 ) STANDAR PENDIDIKAN
    1. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan  :
    A. Peraturan Pemerintah No 74 Tahun2008 Tentang Guru PERANGKAT  AKREDITASI       
    B. Permendiknas No 12 Tahun_2007 Tentang Standar Pengawas sekolah/Madrasah          
    C. Permendiknas No 13 Tahun_2007 Tentang Standar Kepala Sekolah PERANGKAT  AKREDITASI   
    D. Permendiknas No 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Guru          
    E. Permendiknas No 18 Tahun 2007 Tentang Sertifikasi Guru PERANGKAT  AKREDITASI   
    F. Permendiknas Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Sertifikasi Guru Dalam Jabatan
    2.  Permendiknas No19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan
    3.  Permendiknas No20 Tahun 2007 Tentang Standar Penilaian
    4. Permendiknas No22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi
    5. Permendiknas No 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Kelulusan (SKL)
    6. Permendiknas No 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarpras PERANGKAT  AKREDITASI     
    7. Permendiknas No 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses PERANGKAT AKREDITASI      
    8. Standar Pembiayaan/Pendanaan : PERANGKAT  AKREDITASI          
    PP No 48 Tahun 2008 Tentang Pendanaan PERANGKAT  AKREDITASI       
    MATERI LAIN : PERANGKAT AKREDITASI  
    Materi Penunjang Sertifikasi Guru/Pengawas : PERANGKAT AKREDITASI           
    Buku 8 : Pedoman Penyusunan Portofolio ( Khusus guru yang diangkat dalam jabatan pengawas):
    1. PORTO FOLIO PENGAWAS PERANGKAT  AKREDITASI          
    2. Pedoman Penghitungan Beban Kerja Guru PERANGKAT  AKREDITASI       
    3. Permendiknas Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Sertifikasi Bagi Guru Dalam Jabatan
    4. Permendiknas No 39 Tahun 2009 Tentang beban kerja guru dan pengawas sekolah

    PEDOMAN TUGAS GURU DAN PENGAWAS SEKOLAH PERANGKAT AKREDITASI
    5. PedomanTugasGurudanPengawas PERANGKAT AKREDITASI
    STANDAR TENAGA ADMINISTRASI,LABORATORIUM, DAN PERPUSTAKAAN,
    6.Permendiknas Nomor 26 Tahun 2008 Tentang  Standar Tenaga Laboratorium Sekolah/Madrasah
    7.Permendiknas Nomor 25 tahun 2008 tentang Standar Tenaga Perpustakaan
    8.Permendiknas Nomor 24 tahun 2008 Tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah
    PAK PENGAWAS SEKOLAH PERANGKAT AKREDITASI
    permendiknas No_19 Tahun_2005 Tentang PAK Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah
    Menpan-No-21-Th-2010-Tentang-Jafung-Pengawas-dan-Angka-Kreditnya_
    Model Format Supervisi Akademik : PERANGKAT AKREDITASI
    Instrumen Supervisi Akademik PERANGKAT AKREDITASI
    instrumen-supervisi-sma_ktsp_ PERANGKAT AKREDITASI
    [ Seputar KTSP ] PERANGKAT AKREDITASI
    PENILAIAN PEMBELAJARAN PERANGKAT AKREDITASI
    PEMBELAJARAN TEMATIK PERANGKAT AKR EDITASI
    ICE BREAK (GAME MULTI MEDIA) PERANGKAT AKREDITASI
    PENELITIAN TINDAKAN KELAS PERANGKAT AKREDITASI
    Untuk Memahami Konsep PTK, silahkan baca tautan ini:PERANGKAT AKREDITASI
    KONSEP PEMBELAJARAN PERANGKAT AKREDITASI PERANGKAT AKREDITASI
    [ Bimbingan-Konseling ] PERANGKAT AKREDITASI
    [ Manajemen Pendidikan ]
    [ Instrumen Supervisi ]
    [AKREDITASI SEKOLAH]
    Download Instrumen Akreditasi SMA
    Download Instrumen Akreditasi SMP-MTs
    Download Instrumen Akreditasi SD dan MI
    =============
    DOWNLOAD LAINNYA:
    INSTRUMEN KINERJA SEKOLAH STANDAR NASIONAL
    1. Instrumen Standar Isi
    2. Instrumen Standar Proses
    3. Instrumen Standar Kompetensi Lulusan
    4. Instrumen Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
    5. Instrumen Standar Sarana Prasarana
    6. Instrumen Standar Pengelolaan
    7. Instrumen Standar Pembiayaan
    8. Instrumen Standar Penilaian
     [ SEPUTAR PENILAIAN KINERJA GURU ]

    Memproteksi File/Folder Agar Tidak Bisa Dibuka

    Jika Anda punya file atau folder yang sangat rahasia, ada banyak cara untuk mengamankannya. Anda bisa menggunakan software yang dibuat khusus untuk itu.
    Di sini, Anda tidak perlu software tambahan untuk melakukan itu. Anda hanya perlu masuk MS-DOS Prompt kemudian mengganti nama file/folder tersebut dengan manambahkan karakter yang tidak dikenal oleh Windows.

    Untuk melakukannya, klik Start > Programs > MS-DOS Prompt. Misalnya Anda ingin memproteksi folder yang terletak di drive C dengan nama kunci, maka MS-DOS path-nya adalah C:\Kunci. Maka untuk memproteksi folder tersebut Anda bisa mengganti nama filenya dengan perintah:
    REN C:\KUNCI KUNCI _

    Pada karakter _ setelah huruf I, tahan tombol Alt dan tekan angka 1023 kemudian lepaskan tombol Alt. Ini akan memunculkan karakter Unicode yang tidak bisa terbaca oleh Windows. Jika yakin dengan nama itu, tekan Enter.

    Sekarang nama folder telah berubah. Untuk mencobanya, dobel klik folder tersebut melalui Windows Explorer, bagaimana? Windows akan menganggap folder itu tidak ada.

    Untuk membukanya, Anda bisa mengembalikan nama folder itu lagi melalui MS-DOS tanpa memasukkan karakter 'aneh' tadi.

    Tips Hindari Panas Berlebih Pada Laptop


    Laptop adalah komputer yang simpel, multi fungsi, mobile, dan masih banyak lagi kelebihan-kelebihan yang dimilikinya. Selain dari pada kelebihan-kelebihan yang dimiliknya tersebut, laptop juga mempunyai beberapa kekurangan dibandingkan dengan PC biasa atau PC dekstop atau rumahan atau perkantoran.
    Diantaranya komponennya yang lebih mahal, tidak tahan dengan goncangan berlebih, dan lain-lain.

    Yang akan kita bahas kali ini adalah, salah satu cara mengatasi masalah yang sering terjadi pada laptop, yaitu kelebihan panas atau overheat. Overheat ini bisa terjadi karena laptop yang dipakai dalam jangka lama, atau sirkulasi udara yang kurang baik dan biasanya juga dikarenakan hardware yang fungsinya sudah tidak baik lagi. Tips dan Triks Blog untuk mengatasi Overheat adalah:

    * Bersihkan sistem ventilasi pada laptop dengan sikat halus atau kuas yang halus dan akan lebih baik jika menggunakan kompresor.

    * Selalu letakkan laptop di permukaan yang keras. Hindari meletakkan laptop di selimut, kain wool atau permukaan lembut lainnya yang dapat menghalangi angin dan pertukaran udara.

    * Matikan laptop sebelum memasukkannya ke dalam kotak/tas. Jika Anda tidak ingin mematikannya, atur laptop dalam kondisi hibernate. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya proses peningkatan panas. Jangan sekali-kali meletakkan laptop yang sedang beroperasi di tempat yang sempit, ini bisa meningkatkan panas.

    * Instal software monitoring, seperti SpeedFan, yang memungkinkan Anda untuk mengawasi dan memantau suhu prosesor, hard drive dan komponen lainnya.

    * Atur setting power untuk mencegah panas berlebih pada komponen seperti layar dan hard drive. Turunkan power secepatnya jika memang tidak dibutuhkan.

    * Anda juga bisa menggunakan pendingin laptop yang dapat mencegah panas berlebih.

    * Jika laptop Anda berpotensi mengalami overheat dan masih dalam masa garansi, jangan ragu untuk melaporkan keluhan Anda tersebut.

    * Jika Anda berencana membeli laptop baru, jangan gegabah! Telitilah dulu dengan seksama.

    Semoga artikel ini bermanfaat.

    Google Groups Vs Yahoo Groups

    Yahoogroups dan Googlegroups adalah dua penyedia layanan Wikipedia Milis terbesar di Internet. Yahoo Group hadir terlebih dulu pada tahun 1998 dan berkembang pesat sejak mengakuisisi eGroups, salah satu layanan milis paling populer saat itu, pada tahun 1999.

    Google Groups muncul belakangan setelah Google mengakuisisi Deja News, penyedia mesin pencari artikel newsgroup Usenet, pada tahun 2001.
    Sebagai produk yang hadir terlebih dulu, tidak heran jika lebih banyak milis, terutama yang sudah dimulai sejak lama, menggunakan Yahoo! Groups sebagai pilihan layanannya.
    Sebenarnya, mana yang lebih unggul?
    Berikut pro dan kontra untuk masing-masing layanan berdasarkan pengalaman blog ini mengikuti atau mengelola milis pada kedua layanan tersebut.

    YAHOOGROUPS

    1. Secara umum Yahoo! Groups lebih bisa diandalkan dalam pengiriman email ke milis. Pengiriman melalui Google Groups kadang gagal atau tidak merespons.
    2. Yahoo! Groups memiliki fitur tambahan kalender, pemungutan suara (polling), dan basis data yang tidak dimiliki Google Groups.
    3. Yahoo! Groups memungkinkan pengaturan hak akses lebih detil untuk masing-masing peran (pemilik dan moderator).
    4. Yahoo! Groups menyediakan fitur penjawab otomatis (autoresponder) dan pengiriman berkas secara berkala. Google Groups tidak memiliki fitur ini.

    GOOGLEGROUPS

    1. Google Groups memiliki tampilan web yang mengelompokkan diskusi berdasarkan percakapan seperti model Yahoo! Groups menampilkan pesan secara individu, walaupun masing-masing pesan dilengkapi dengan tampilan struktur pohon balasan yang dibuat.
    2. Google Groups menyimpan lampiran email di arsip webnya, sedangkan Yahoo! Groups tidak.
    3. Google Groups memiliki limit 5MB untuk tiap-tiap email yang dikirimkan ke milis, sedangkan Yahoo! Groups hanya 750KB.
    4. Google Groups menampilkan iklan dalam bentuk yang tidak mengganggu, sedangkan Yahoo! Groups menampilkan spanduk (banner) iklan besar di bagian atas arsip webnya yang cukup mengganggu.
    5. Google Groups tidak menyertakan iklan pada tiap kirimannya, sedangkan Yahoo! Groups menyertakan iklan yang tidak mungkin dibuang.

    Bagi saya, Google Groups lebih unggul dibanding Yahoo! Groups terutama karena pengelompokkan diskusi, penyimpanan lampiran, serta tidak menyertakan iklan pada emailnya. Sayangnya, tidak ada alat atau cara untuk dapat memindahkan semua arsip Yahoo! Groups langsung ke Google Groups.

    Apakah artikel ini menarik? Silahkan berikan komentar Anda!

    Aman Dan Nyaman Berinteraksi Di Facebook

    Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama bersosialisasi di Facebook, bisa dilakukan dengan melakukan dua hal, yaitu pengaturan akun dan etika bergaul di Facebook.

    1. Masukkan data diri Anda dengan benar dan seperlunya. Pisahkan data pribadi seperti alamat, telepon, dengan data yang umum. Semakin lengkap data diri, semakin mudah mendapatkan teman. Akan tetapi, semakin berisiko pula jika data diri kita disalahgunakan.

    2. Pasanglah foto yang wajar-wajar saja. Karena sekali foto dikirim (posting) di Facebook, maka sangat sulit dan nyaris mustahil mencabut foto tersebut dari internet.

    3. Sebaiknya tidak asal confirm atas friend request. Lihat dulu profilnya. Sebaliknya juga tidak asal add friend untuk menjadi teman. Lihat dulu berapa jumlah mutual friends antara Anda dan seseorang tersebut. Semakin sedikit mutual friendsnya, berarti semakin sedikit teman-teman Anda yang kenal dengan dirinya, yang berarti semakin berisiko tinggi.

    4. Jangan sembarangan menerima tag photo alias tetap selektif. Rajinlah memeriksa lingkungan di Facebook. Boleh jadi, kita menemukan foto diri yang di-upload dan di-tag oleh orang lain, padahal kita tidak berkenan. Segera saja kita untag diri kita dari foto tersebut dan jika perlu minta teman kita yang melakukan upload foto tersebut untuk mencabutnya.

    5. Jangan mudah terhanyut bujuk rayu teman yang baru dikenal di Facebook. Banyak akun Facebook palsu alias fakester. Bujuk rayu secara tertutup bisa dilakukan melalui pengiriman pesan, tetapi juga bisa melalui fasilitas chatting.

    6. Berinteraksi dengan tetap berpegang pada etinet (etika berinternet). Teliti dan concern terhadap profil Facebook yang ingin menjadi teman Anda. Jangan meng-confirm/approve sembarang orang. Anda bisa kirim pesan terlebih dahulu mempertanyakan siapa yang ingin meng-add Anda menjadi teman. Jangan tertipu dengan fakester.

    7. Etika berteman dengan teman dari sahabat Anda. Ketika ingin berteman dengan teman sahabat Anda di Facebook, jangan lupakan keberadaan teman Anda yang berperan sebagai penghubung. Katakan dari siapa Anda mengetahui profil mereka. Kirim pesan ketika meng-add mereka.

    8. Siapkan diri ketika berteman dengan seseorang yang pernah mengisi hati Anda. Siapkan mental dan dewasalah karena bisa jadi beberapa status yang dia tulis bisa jadi membuat Anda cemburu.

    9. Jangan banjiri profil dengan foto, video dan komentar yang berkaitan dengan gagalnya hubungan Anda. Hal itu memang tidak pantas diumbar di Facebook. Jika Anda ingin simpati, teleponlah teman dekat Anda, jangan bertanya kepada orang-orang di dunia maya, apalagi Facebook yang diakses banyak orang. Anda bisa dipermalukan.

    10. Jangan curhat dan buka-buka rahasia di Facebook. Jika Anda ingin curhat dan sejenisnya, lebih baik Anda tidak melakukannya di Facebook. Gunakan email, telepon, atau mengunjungi sahabat Anda.

    11. Kenali perbedaan antara wall dan message. Suatu pernyataan yang menyangkut hubungan pribadi Anda sebaiknya tidak usah terlalu diekspos.

    12. Jangan pernah menulis di status, wall maupun komentar dengan kata-kata yang menyindir, menghina maupun kata-kata kotor yang ditujukan pada seseorang di Facebook. Karena hal itu mungkin dapat membuat Anda berurusan dengan tuntutan hukum.

    Semoga bermanfaat.

    Memasukkan Lagu Favorit Di Facebook

    MIXPOD
    Anda ingin memasukkan lagu favorit di Facebook sehingga orang yang datang dapat mendengarkan suara musik. Anda pun dapat memasang lagu favorit di Facebook, berikut tips dan trik yang harus Anda lakukan untuk memasang lagu di akun Facebook Anda.
    Cermati langkah-langkahnya satu demi satu jangan sampai ada satu langkah yang tertinggal jika Anda tidak mau gagal memasukkan lagu di Facebook.

    1. Login akun Facebook Anda terlebih dahulu.

    2. Klik link berikut ini Aplikasi untuk memasukkan lagu favorit Anda di Facebook

    3. Klik tombol berwarna biru dengan tulisan Go to Application pada bagian atas page.

    4. Setelah muncul pilihan Allow or Cancel, klik tombol Allow.

    5. Lalu, akan muncul page Term of Service dari aplikasi tersebut. Silakan jika ingin dibaca terlebih dahulu, tetapi jika Anda malas membacanya, langsung klik tombol Agree saja pada bagian bawah halaman tersebut.

    6. Setelah itu akan muncul halaman Mixpod dari aplikasi tersebut.

    7. Untuk memasukkan lagu, klik tombol Add a Song.

    8. Setelah muncul halaman untuk memasukkan lagu, disana ada tiga pilihan, upload dari komputer Anda, dari URL lain, atau searching di Seeqpod. Pilih yang pertama jika Anda ingin memasukkan lagu dari komputer Anda sendiri, caranya dengan klik tombol Choose File, setelah itu pilih filenya, lalu klik tombol Update. Proses upload ini akan memakan waktu cukup lama, tergantung dari besarnya file dan kecepatan internet Anda saat itu.

    9. Setelah selesai di upload, Anda harus memasukkan judul dan penyanyi dari lagu yang Anda upload tersebut, jika sudah, klik tombol Submit.

    10. Saatnya menaruh aplikasi tersebut ke profile Anda, caranya tinggal klik tombol Add to Profil, lalu setelah muncul jendela kecil, klik tombol Add.

    11. Lalu, Anda akan di redirect ke halaman profil Anda. Setelah itu, pilih tombol Keep pada kotak aplikasi tersebut.

    12. Selesai, dan lagu Anda dapat didengarkan oleh Anda dan semua orang yang melihat profil Anda, tentunya dengan klik Play pada player tersebut.

    Selamat mencoba.

    Tips Mengamankan Facebook Anda

    Soal urusan publik dan pribadi jadi masalah tersendiri di Facebook. Ada pengguna yang menutup informasi pribadinya. Yang lain mengais-ngais urusan internal orang lain. Lama-kelamaan ada kekhawatiran bakal terjadi eksodus besar-besaran dari situs jaringan pertemanan ini.

    Perubahan memang dilakukan oleh Facebook. Namun melindungi privasi Anda jauh lebih penting. Adam Rosenberg, manajer komunitas online Salsa Labs, menulis di blog Mashable soal tip menjaga privasi di Facebook.

    1. PELAJARI LOVE 'EM

    Pelajari terlebih dulu semua fungsi yang ada di Facebook. Sering kali pengguna lupa bahwa tombol kecil di sudut kanan bawah di samping setiap posting memberikan pilihan apakah "semua orang", "hanya teman, " atau daftar tertentu orang yang dapat melihat. Daftar sangat berharga bagi mereka yang mendukung adanya privasi atau petugas pemasaran. Pendukung pertama ingin menggunakan daftar untuk membatasi rekan atau status hubungan mereka, film kesukaan, pandangan politik, dan lainnya. Bagi tenaga pemasaran, daftar berguna untuk menjaga kontak dan menawarkan produk baru serta mengumumkan acara. Dan, dengan daftar "like", sangat berguna data dalam web. Untuk membuat dan mengedit daftar, caranya:
    - Buka akun.
    - Klik Edit Friends.
    - Klik Create New Lists (atau Edit Lists jika untuk daftar yang ada).
    - Tambahkan teman ke daftar ini.
    Untuk menggunakan daftar :
    - Buka akun.
    - Klik Privacy Settings.
    - Klik Personal Information and Posts.
    - Pilih area yang berbeda dan klik Customize.
    Anda juga dapat menggunakan daftar pada setiap posting dan update. Caranya, cari simbol "lock" dan ikuti "customize" di bagian atas.

    2. KETIKA RAGU, LANGSUNG LOG OUT

    "Preview My Profile" dapat digunakan untuk mengetahui apa yang sedang dilakukan teman-teman tertentu dalam jaringan Anda. Memang hal ini belum memberikan gambaran lengkap. Berbagi informasi pribadi dengan teman boleh-boleh saja. Tetapi, berhati-hatilah, karena Anda berada di dunia Facebook. Jika Anda melihat ada sesuatu yang tidak biasa, kembalilah buat perubahan. Pilihan lainnya adalah menghapus tampilan luar profil Anda. Untuk melakukannya mudah :
    - Klik Account.
    - Klik Privacy Setting.
    - Klik Search.
    - Hapus tanda centang pada opsi Public Search Results.
    - Ini membuat profil Anda tidak terlihat oleh bukan pengguna Facebook.

    3. AUDIT "LIKES"

    Banyak pengguna Facebook ingin "Like" (sebelumnya, "Become a Fan of") dengan banyak merek, cause, hiburan, dan lain-lain. Sayangnya, halaman "Like" tidak dapat ditutupi melalui pengaturan privasi Facebook. Alhasil, siapapun dapat melihat dan membuat asumsi mengenai kepribadian Anda. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat melakukan pengeditan sebagai berikut :
    - Klik Account.
    - Klik Edit Friends.
    - Klik Pages pada kolom kiri.
    - Periksalah daftar dan tanya diri sendiri : "Do I want this to be public?"
    - Kemudian tanya diri sendiri, "If I want it public, would I be comfortable with strangers networking with me through these channels?"
    - Jika ada sesuatu yang tidak memenuhi kriteria Anda, klik Remove Connection (klik X).

    4. BERSIHKAN APLIKASI PIHAK KETIGA

    Salah satu perubahan besar Facebook adalah fitur "Instant Personalization", yang memungkinkan beberapa situs web, termasuk Microsoft Docs.com, Yelp, dan Pandora, menyambung secara otomatis ke feed Anda. Facebook memungkinkan mitra terpercaya mengakses informasi profil Anda dalam upaya "menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik". Mereka yang tidak tertarik kepada koneksi otomatis ini dapat memilih keluar secara manual, yang prosesnya mudah :
    - Klik Account.
    - Klik Privacy Setting.
    - Klik Applications and Websites.
    - Klik Instant Personalization Pilot Program.

    5. KONTROL TEMAN YANG DAPAT ANDA BAGI

    Pada Desember 2009, Facebook memperkenalkan pengaturan privasi yang baru untuk mengontrol informasi apa yang bisa Anda bagi kepada teman-teman. Ini adalah fitur privasi penting karena berkaitan dengan bukan hanya informasi yang Anda posting, tapi juga apa yang teman-teman Anda dapat tawarkan ke salah satu aplikasi atau situs web. Misalnya teman Anda dapat menggunakan aplikasi "Give a Dog", yang dapat mengakses informasi yang telah Anda buat, termasuk nama, jenis kelamin, ulang tahun, foto, dan video. Informasi Anda digunakan dan dikumpulkan oleh pengembang aplikasi, meskipun Anda bukan orang yang aktif berbagi. Untuk mengaturnya, lakukan langkah berikut :
    - Buka akun.
    - Klik Privacy Setting.
    - Klik Application and Websites.
    - Hapus tanda centang semua aplikasi yang tidak ingin Anda bagi tanpa diketahui.
    - Klik Save Changes.
    Bagian ini agak membingungkan karena benar-benar menanyakan informasi apa yang Anda ingin kumpulkan bersama aplikasi pihak ketiga menggunakan profil teman-teman "sebagai sebuah saluran". Ini tidak akan mempengaruhi berapa banyak teman yang dapat melihat pada profil Anda. Jika Anda ingin mengontrol semua data, kami menyarankan Anda mencentang semua kotak disini.